Jelang Libur Panjang, KAI Daop 3 Cirebon Siapkan 24.950 Tiket

KIM
Penumpang KAI di Stasiun Cirebon (Foto: adainfo.id)

adainfo.id – Menjelang libur panjang akhir pekan dan peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih 2025 yang jatuh pada Kamis, 29 Mei 2025, PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat lonjakan pemesanan tiket kereta api (KA). Hingga Selasa (27/5), sebanyak 19.867 tiket telah terjual, atau mencapai 43 persen dari total 24.950 tempat duduk yang disediakan KAI untuk periode perjalanan dari 29 Mei hingga 2 Juni 2025.

“Sampai dengan 28 Mei 2025, KAI Daop 3 mencatat 19.867 tiket telah terjual atau setara dengan tingkat okupansi sebesar 43 persen dan masih terus bergerak mengalami penambahan sampai akhir pekan ini,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin.

Data Perjalanan Penumpang: Cirebon Jadi Titik Padat

Selama periode libur panjang kali ini, volume pergerakan penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon terpantau meningkat. Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan tercatat sebagai titik keberangkatan dan kedatangan terpadat.

Data sementaranya mencatat:

Keterangan Jumlah Penumpang
Jumlah Penumpang Datang  14.643 orang
Jumlah Penumpang Berangkat  13.607 orang
Naik dari Stasiun Cirebon  5.230 orang
Turun di Stasiun Cirebon  3.515 orang
Naik dari Cirebon Prujakan  3.220 orang
Turun di Cirebon Prujakan  3.387 orang

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 140 perjalanan KA per hari yang melintas di wilayah Daop 3, termasuk KA tambahan, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang selama libur panjang.

Gunakan Face Recognition, Boarding Jadi Lebih Cepat

Dalam rangka meningkatkan layanan, KAI mendorong penggunaan Face Recognition (FR) sebagai sistem boarding baru yang lebih cepat dan ramah lingkungan.

“Bagi pelanggan yang belum terdaftar bisa melakukan registrasi melalui aplikasi Access by KAI atau kepada petugas stasiun. Dengan FR, pelanggan tidak perlu cetak tiket atau menunjukkan kartu identitas,” ujar Muhibbuddin.

Sistem FR dinilai efisien karena:

  • Mempercepat proses boarding

  • Mengurangi antrean

  • Mendukung program green transportation dengan mengurangi penggunaan kertas

Tips Bagi Penumpang: Hadir Lebih Awal & Pesan Tiket Online

Muhibbuddin mengimbau masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api selama libur panjang untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui:

  • Aplikasi Access by KAI

  • Situs resmi kai.id

  • Agen penjualan resmi lainnya

“Kami sarankan calon penumpang hadir minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari antrean,” tegasnya.

KAI memastikan pelayanan maksimal selama masa libur panjang, dengan menyediakan perjalanan yang aman, nyaman, dan bebas kemacetan. Dengan menggunakan kereta api, masyarakat dapat menikmati perjalanan liburan tanpa harus khawatir dengan kepadatan lalu lintas jalan raya.

“Momen liburan bersama keluarga atau teman-teman dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Muhibbuddin.

BSP GROUP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *