Sambut Libur Akhir Pekan, KCIC Perluas Akses Tiket Whoosh

ARY
Ilustrasi KCIC perluas akses tiket Whoosh untuk menyambut libur panjang akhir pekan ini.

adainfo.id – Menyambut momen libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah alternatif kanal penjualan tiket kereta cepat Whoosh dengan menggandeng Traveloka sebagai mitra baru.

Mulai Mei 2025, masyarakat kini bisa membeli tiket Whoosh langsung dari aplikasi dan situs Traveloka, sebagai bagian dari upaya memperluas aksesibilitas dan kenyamanan pemesanan.

83 Persen Tiket Sudah Dibeli Secara Online

Sejak layanan Whoosh diluncurkan pertama kali pada Oktober 2023, tren penjualan tiket menunjukkan mayoritas penumpang memilih pembelian secara daring.

Hingga kini, sekitar 83 oerset atau 7,5 juta tiket telah terjual melalui aplikasi Whoosh, situs resmi KCIC, dan mitra kanal digital lainnya.

Eva Chairunisa, selaku General Manager Corporate Secretary KCIC, menjelaskan bahwa tingginya minat terhadap pembelian online didorong oleh kemudahan dan efisiensi.

“Mayoritas masyarakat memilih pembelian tiket secara online karena kemudahan, kecepatan, dan fleksibilitas yang ditawarkan. Cukup dalam genggaman, penumpang sudah dapat memilih jadwal, kursi, hingga menyelesaikan pembayaran tanpa antre,” ujar Eva, dikutip Kamis (29/5/2025).

Traveloka Jadi Mitra Baru Kanal Penjualan

Penambahan Traveloka sebagai mitra resmi pemesanan tiket Whoosh merupakan bagian dari komitmen KCIC dalam memberikan lebih banyak opsi kepada masyarakat, khususnya menjelang periode padat seperti libur panjang.

“Kerja sama dengan Traveloka merupakan salah satu bentuk inovasi yang dihadirkan KCIC dalam menjawab tingginya minat masyarakat terhadap pembelian tiket secara daring,” jelas Eva.

Melalui Traveloka, pengguna kini dapat mengakses layanan pemesanan tiket Whoosh secara lebih cepat dan praktis, sekaligus terintegrasi dengan fitur-fitur perencanaan perjalanan lainnya.

Sambut Lonjakan Penumpang Libur Panjang

Untuk periode libur akhir pekan 29 Mei–1 Juni 2025, KCIC menyediakan hingga 62 jadwal perjalanan setiap hari dengan headway setiap 30 menit.

Jadwal yang padat ini memungkinkan masyarakat lebih leluasa memilih waktu keberangkatan sesuai kebutuhan.

Pemesanan tiket kini bisa dilakukan melalui berbagai kanal digital dan offline.

Antara lain, aplikasi Whoosh website: ticket.kcic.co.id, access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo.

Kemudian, Wondr by BNI, Tiket.com, Traveloka, loket stasiun, dan mesin vending (vending machine).

Fitur Tambahan untuk Pengguna Aplikasi Whoosh

Bagi pengguna aplikasi resmi Whoosh, KCIC menyediakan fitur unggulan berupa refund online, reschedule langsung dari aplikasi, dan boarding tanpa cetak tiket melalui QR Code.

Dengan kemudahan tersebut, penumpang dapat melakukan perubahan atau pembatalan perjalanan secara mandiri, tanpa harus ke stasiun.

Mendukung Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Selain dari sisi efisiensi, KCIC juga menekankan bahwa sistem pemesanan online mendukung upaya mengurangi penggunaan kertas dalam proses perjalanan.

“Pembelian tiket secara online ini juga merupakan bagian dari langkah KCIC dalam mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Tidak perlu cetak tiket, cukup pindai QR Code saat boarding,” tambah Eva.

BSP GROUP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *